Jumat, 07 Oktober 2011

Fakta dibalik bekerja sambil mendengarkan musik

Suara musik tidak jarang menghiasi ruang kerja ataupun berbagai pekerjaan kita. Musik telah menjadi bagian yang tak terlepaskan dari kehidupan, namun bagaimana sebenarnya pengaruh musik terhadap kinerja seseorang?

Pada dasarnya manusia sangat terpengaruh dengan ritme, dan begitu pula yang terdapat pada musik. Ritme musik mempengaruhi detak jantung dan secara bersamaan akan memperngaruhi secara psikologis (mood). Dalam bekerja, setiap orang membutuhkan ritme yang tentunya dapat membantunya membangun suasana kerja yang tepat. Jika salah, musik justru dapat menghancurkan suasana bekerja.

Musik yang tepat untuk membangun kerja umumnya berkaitan dengan selera tiap orang, namun ada baiknya jika memilih lagu dengan mempertimbangkan ritme. Rutinitas kantor di pagi hari lebih menyenangkan dengan pilihan lagu-lagu yang memotivasi, misalnya dengan ritme yang tidak terlalu lambat dengan iringan musik yang ceria.

Selepas istirahat siang, pilihan musik bisa beralih pada lagu-lagu dengan ritme lebih lambat sebagai penjaga mood dan stamina. Menjelang berakhirnya jam kerja, lagu-lagu pilihan serupa dengan pagi hari dapat membangun energi untuk melanjutkan aktifitas selepas bekerja.

Kini, saatnya Anda mempersiapkan pilihan-pilihan lagu yang sesuai dengan selera Anda. Dan jangan lupa untuk membuatnya sebagai pembangun semangat dan konsentrasi Anda selama bekerja. Selamat menikmati pekerjaan Anda sembari ditemani alunan musik kesukaan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar